Sunday, January 29, 2023

Inilah Berbagai Manfaat Minyak Ikan untuk Orang Dewasa

Minyak ikan merupakan suplemen atau vitamin yang didapatkan dari ekstrak ikan. Golongan ikan berminyak seperti mackerel, teri, tuna, dan herring yang paling sering dipakai. Suplemen ini mengandung banyak nutrisi seperti omega-3, EPA, DHA, vitamin A, vitamin D, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan tersebut menawarkan manfaat minyak ikan untuk orang dewasa seperti:

Menjaga dan Mendukung Kesehatan Jantung

Jika mengkonsumsi minyak ikan, beberapa faktor risiko penyakit jantung bisa diminimalisir. Adapun manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung yaitu meningkatkan kadar kolesterol HDL, mencegah plak yang membuat arteri mengeras, mengurangi tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan mengurangi kejadian aritmia fatal.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas merupakan kondisi buruk yang bisa memicu penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker. Konsumsi minyak ikan membantu memperbaiki komposisi tubuh orang dengan obesitas. Jadi faktor risiko penyakit berbahaya pun bisa diminimalisir. Kombinasi antara minyak ikan, diet, dan olahraga juga mampu menurunkan berat badan.

Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Hampir 60% komposisi otak orang dewasa terdiri dari lemak. Sedangkan komposisi lemak paling banyak adalah omega-3. Tidak heran jika omega-3 kemudian bisa membantu meningkatkan kecerdasan dan menjalankan fungsi otak yang normal.

Selain itu berdasarkan penelitian, orang yang mengalami gangguan mental tertentu kadar omega-3 di darahnya lebih rendah dibandingkan mereka yang sehat. Omega-3 pada minyak ikan diyakini bisa mengurangi gejala skizofrenia, gangguan bipolar, gangguan psikotik, dan lain-lain.


Mendukung Kesehatan Mata

Mereka yang kekurangan asupan omega-3 cenderung lebih berisiko mengalami penyakit mata. Terutama ketika memasuki usia tua yang sering mengalami masalah seperti degenerasi makula atau menurunnya fungsi mata.. 

Mendukung Kehamilan dan Menyusui

Manfaat minyak ikan yang terakhir yaitu mendukung kehamilan dan menyusui. Wanita hamil dan menyusui bisa mengkonsumsi minyak ikan. Namun pastikan produknya memang memperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui. Minyak ikan tidak hanya bermanfaat bagi ibu, tapi juga bagi janin dan bayi.

Itulah berbagai manfaat minyak ikan untuk orang dewasa yang perlu Anda ketahui. Blackmores menawarkan beberapa suplemen minyak ikan seperti Omega Daily Odourless, Ultimate Omega Odourless, dan Odourless Fish Oil 1000. Sedangkan untuk ibu menyusui dan hamil, Anda bisa memilih Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

No comments:

Post a Comment