Wednesday, September 13, 2023

3 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil yang Harus Diketahui



Pada masa kehamilan, kaki bengkak merupakan salah satu hal yang umum terjadi. Meski begitu, tingkat keseriusannya berbeda-beda. Kaki bengkak saat hamil terjadi karena beberapa faktor.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui alasan kenapa kaki bisa bengkak saat masa kehamilan, kami akan coba menjelaskannya secara detail di artikel ini. Jadi, pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai. berikut adalah penyebabnya.

1.  Peningkatan Hormon

Meningkatnya hormon pada trimester pertama, yaitu jenis hormon progesteron, bisa mengurangi sistem pencernaan ibu hamil. Hal ini kemudian bisa mengakibatkan perut kembung, bahkan perut kembung bisa terjadi sebelum janin membesar di dalam kandungan.

Peningkatan hormon tersebut juga bisa berpengaruh pada pembengkakan, contohnya seperti kaki. Selain itu, pada kasus tertentu, pembengkakan juga terjadi pada tangan hingga ke area wajah.

2.  Meningkatnya Volume Darah dan Cairan

Pada Trimester kedua, atau pada masa kandungan sekitar 5 bulan, kasus kaki bengkak menjadi sering terjadi dan merupakan hal yang umum. Hal ini karena pada trimester kedua ini, akan terjadi peningkatan volume darah dan juga cairan di dalam tubuh.

Pada trimester kedua, volume darah ibu hamil meningkat hingga 50 persen. Hal ini diikuti dengan penahanan cairan pada tubuh yang diakibatkan oleh hormon. Meski demikian, peningkatan cairan ini umumnya bisa membantu tubuh ibu hamil dalam mempersiapkan kelahiran.

3.  Tubuh Sedang Membangun Cadangan Darah dan Cairan

Kasus kaki bengkak pada masa kehamilan juga sering terjadi di trimester ketiga. Di usia kehamilan ini, jari-jari kaki ibu hamil sudah terlihat membengkak. Pembengkakan ini menunjukkan bahwa tubuh sedang membangun cadangan darah dan juga cairan.

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan kaki bengkak yaitu seperti cuaca yang panas, kandungan gizi yang tidak seimbang, dan masih banyak lainnya. Jika pembengkakan sulit untuk diatasi, alangkah baiknya Anda mengkonsultasikan dengan dokter kandungan.

Itulah beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil yang umum terjadi. Bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan, pastikan Anda mempersiapkan kelahiran bayi secara optimal, salah satunya dengan mempersiapkan produk popok MAKUKU SAP Diapers untuk si kecil.

No comments:

Post a Comment