Memasuki era digital yang sudah semakin berkembang, content marketing sudah menjadi salah satu cara untuk meraih tangga kesuksesan dalam berbisnis. Dengan begitu ketatnya persaingan bisnis seperti sekarang, penting untuk memiliki strategi konten yang lebih kreatif dan juga efektif.
Apa Itu Konten Marketing?
Konten marketing sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran terkini, yang berfokus kepada pembuatan serta pendistribusian konten yang relevan, berharga, dan memiliki value bagi pembaca.
Tujuan utama dari pelaksanaan strategi pemasaran yang satu ini adalah, untuk membangun brand awareness, meningkatkan interaksi, serta mendorong terjadinya konversi yang diinginkan sebelumnya.
Dengan menyajikan nilai positif dalam sebuah konten, perusahaan bisa turut membangun bonding yang lebih kuat dengan para audiens targetnya. Secara tidak langsung, ini akan memicu terjadinya retensi pelanggan.
5 Content Marketing yang Ampuh
Setidaknya ada 5 jenis content marketing yang dinilai ampuh dan sudah teruji akan hasilnya. Adapun diantaranya, adalah sebagai berikut:
Pemasaran dalam Bentuk Video
Meliputi video wawancara, tutorial, testimoni pelanggan, atau konten visual lainnya, yang dapat membangun hubungan serta meningkatkan keterlibatan dengan target audiens.
Artikel Blog
Pembuatan artikel blog akan menyajikan konten yang sifatnya informatif, serta bermanfaat bagi pembaca, sehingga akan memberikan nilai tambah kepada audiens serta memupuk loyalitas pelanggan.
Podcast
Menyajikan konten audio yang dikemas dalam sebuah bentuk diskusi, wawancara, atau informasi terbaru yang dapat diakses secara mudah oleh para audiens, yang lebih prefer ke aktivitas mendengarkan.
Live Streaming
Memanfaatkan teknologi terkini, melalui platform live streaming Anda bisa menyajikan konten secara langsung, agar bisa berinteraksi secara real-time dengan para calon target audiens bisnis.
Konten Media Sosial
Sebuah cara pemasaran digital dengan pemanfaatan platform media sosial populer seperti, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Dengan membagikan konten yang berkualitas di berbagai platform media sosial tersebut, sehingga bisa meningkatkan kehadiran online serta membangun interaksi dengan audiens.
Strategi Menjalankan Konten Marketing yang Efektif
Tidak hanya sekedar membuat serta membagikan konten yang dibuat, menjalankan konten marketing ini sejatinya akan memerlukan sebuah strategi khusus. Untuk hasil yang lebih menjanjikan, berikut ada panduan menjalankan strateginya dengan benar dan juga efektif.
Tentukan Target Audiens
Sebelum proses pembuatan konten, ada baiknya Anda sudah menentukan dulu siapa target Audiens yang mau diraih. Dengan pemahaman lebih lanjut tentang target audiens, Anda dapat membuat konten yang lebih menarik dan juga relevan bagi mereka.
Ciptakan Konten yang Berbobot
Pembuatan konten yang berbobot tentu saja akan memberikan nilai tambah kepada brand yang Anda bangun. Dengan begitu, penting untuk menciptakan video, artikel blog, atau infografis yang dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
Identifikasi Platform Media Sosial yang Tepat
Lakukan identifikasi platform media sosial yang paling tepat, dan sesuai dengan calong target audiens bisnis Anda. Aplikasikan strategi pemasaran media sosial yang lebih terarah, dan lakukan feedback yang responsif untuk membantu meningkatkan keterlibatan dengan para konsumen.
Lakukan Optimalisasi SEO
Dengan melakukan optimalisasi SEO, konten Anda akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh target audiens. Tentukan keyword yang tepat dan relevan dengan bisnis Anda, dan buat tautan internal yang baik, agar bisa membantu meningkatkan peringkat di mesin pencarian populer.
Dengan mengaplikasikan strategi content marketing yang tepat, memungkinkan bisnis Anda bisa melejit dengan cepat. Apabila menginginkan daya kelola strategi ini dengan baik, Anda bisa menjalin kerjasama dengan digital agency terbaik saat ini, yakni Ideoworks.
No comments:
Post a Comment