Wednesday, September 27, 2017

Permainan Anak Asal Jawa Yang Mulai Dilupakan


Ketika kita kecil dulu, sering sekali kita melakukan berbagai permainan anak yang bisa membuat hati semua anak senang dan gembira. Anak – anak khususnya yang berasal dari daerah Jawa, baik itu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur relative rutin melakukan berbagai permainan – permainan sederhana namun penuh dengan filosofi hidup di dalamnya. Hampir tiap sore menjelang senja atau pada hari – hari libur tertentu, anak – anak khususnya di pedesaan melakukan permainan – permainan ini hanya sekedar mengisi waktu bermain mereka. 

Namun, seiring perkembangan jaman yang memacu terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka permainan anak tersebut mulai dilupakan oleh sebagian anak terutama anak – anak yang berada di daerah perkotaan. Meskipun masih ada juga sebagian anak yang masih melakukannya, namun jumlahnya tidak sebanyak dulu. Permainan anak tersebut seakan tergerus oleh jenis permainan modern yang menggunakan teknologi untuk melakukannya. Sorak sorai dan teriakan sebagai pelampiasan dari permainan anak tersebut kian hari kian tak terdengar lagi gaungnya. Anak – anak lebih memilih diam di rumah atau di tempat rental untuk memainkan jenis permainan modern seperti playstation, Xbox dan berbagai permainan baru yang menggunakan teknologi internet. Sementara jenis permainan anak yang sifatnya tradisional hampir sudah dilupakan oleh mereka.

Fenomena tersebut menyebabkan beragam permainan anak seakan telah musnah karena terganti oleh jenis permainan modern yang lebih menarik dari kualitas tampilan dan kualitas permainan itu sendiri. Beberapa permainan anak seakan sudah dilupakan oleh generasi saat ini, karena mereka menganggap bahwa permainan tersebut sudah ketinggalan jaman dan sudah tidak relevan lagi untuk dilakukan saat ini. Sungguh ironis dan menyedihkan, ketika permainan yang dulu mendapat tempat di hati anak - anak, saat ini bisa ditinggalkan dan dilupakan dengan begitu saja.

Ada beberapa jenis permainan anak yang dulu sering dilakukan oleh hampir setiap anak di seluruh daerah di Nusantara, sekarang mereka melupakan dan bahkan ada yang meninggalkannya sama sekali. Adapun jenis permainan anak tersebut adalah sebagai berikut :

Dakon atau Congklak
Benthik
Gobag Sodor
Permainan Gundu atau Kelereng

Ada beberapa jenis permainan anak yang dulu sering dilakukan oleh hampir setiap anak di seluruh daerah di Nusantara, sekarang mereka melupakan dan bahkan ada yang meninggalkannya sama sekali. Jenis permainan anak tersebut diantaranya Dakon atau Congklak, Benthik, Gobag Sodor dan Permainan Gundu atau Kelereng

No comments:

Post a Comment