Monday, January 8, 2018

Mendukung Keterampilan Motorik Anak Dengan Aktivitas Fisik

motorik anak

Keterampilan motorik anak yang halus diperlukan untuk terlibat dalam gerakan yang lebih kecil dan lebih presisi, biasanya menggunakan tangan dan jari. Kemampuan motorik halus berbeda dengan kemampuan motorik kasar. Pada usia 2 sampai 3 tahun, anak bisa menciptakan sesuatu dengan tangan mereka. Mereka bisa membangun menara dari blok, membentuk tanah liat menjadi bentuk dan coretan dengan krayon atau pena.

Anak-anak seusia ini juga bisa memasukkan benda ke dalam ruang yang serasi, seperti menempatkan pasak bundar ke dalam lubang bundar. Anak usia 2 sampai 3 tahun sering mulai menunjukkan preferensi untuk menggunakan satu tangan lebih sering daripada yang lain. Selain menjaganya dalam setiap kegiatan yang mendukung perkembangan motorik anak, Anda juga perlu memberikan minuman bernutrisi seperti Dancow. Sehingga otaknya kuat dan bisa berpikir jernih.
motorik anak
Perkembangan motorik anak pada usia 3-4 tahun mulai bermain pada pengencang pakaian, seperti ritsleting dan celana dan terus mendapatkan kebebasan dalam berpakaian dan menanggalkan pakaian sendiri. Sebelum mereka masuk sekolah, kebanyakan anak sudah bisa mengenakan pakaian dan menanggalkan pakaian mereka sendiri. Walaupun mungkin butuh waktu lama untuk menyelesaikan hal itu. Pada usia ini, anak juga bisa mulai menggunakan gunting untuk memotong kertas.

Anda harus memastikan untuk memberi anak-anak benda tumpul, gunting plastik dan alat-alat yang aman untuk memastikan kebaikan mereka dalam memainkan alat-alat tersebut. Anak usia 3 sampai 4 tahun akan terus memperbaiki keterampilan makan dan bisa menggunakan peralatan seperti garpu dan sendok. Anak-anak kecil di usia ini juga bisa menggunakan alat tulis, seperti krayon. Mereka juga bisa menggunakan gerakan memutar seperti membuka kenop pintu.

Tak hanya itu mereka juga dapat membuka wadah dengan tutup. Dalam usia ini Anda harus memastikan zat berbahaya seperti pembersih dan obat-obatan disimpan di luar jangkauan mereka atau di area yang terkunci untuk mencegah keracunan yang tidak disengaja. Pada usia 4 sampai 5 tahun, anak-anak terus memperbaiki keterampilan motorik halus dan membangun keterampilan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment