Monday, June 10, 2024

Atasi Mata Pegal dengan 5 Cara Mudah Ini!


Astenopia, mata lelah atau mata pegal  merupakan kondisi umum yang sering dialami di era digital ini. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan mata bekerja keras, sehingga menimbulkan rasa pegal, kering, dan iritasi.


Namun, jangan khawatir! Berikut 5 cara mudah untuk mengatasi atau mengurangi gejala mata pegal:


1. Istirahatkan Mata dengan Aturan 20-20-20


Aturan 20-20-20 adalah cara sederhana untuk mengistirahatkan mata. Setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan dari layar gadget dan fokuslah pada objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.


2. Gunakan Teknik Palming


Gosokkan telapak tangan hingga hangat, kemudian tempelkan pada mata yang tertutup selama beberapa menit. Teknik ini membantu merilekskan otot-otot mata dan melancarkan aliran darah.


3. Kompres Mata dengan Air Hangat


Rendam kain bersih di air hangat, kemudian kompreskan pada mata selama 10-15 menit. Kompres air hangat membantu meredakan peradangan dan rasa pegal pada mata.


4. Gunakan Obat Tetes Mata Buatan


Obat tetes mata buatan dapat membantu melembabkan mata yang kering dan iritasi. Pilihlah obat tetes mata yang bebas pengawet.


5. Perhatikan Pencahayaan Ruangan


Hindari menggunakan gadget di ruangan yang gelap. Atur pencahayaan ruangan agar cukup terang dan nyaman untuk mata.


Beberapa hal berikut juga bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan terhindar dari keluhan kesehatan mata Anda seperti Mata pegal atau yang lainnya. Diantaranya adalah:


  • Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E yang baik untuk kesehatan mata.

  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter mata.


Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi mata pegal dan menjaga kesehatan mata Anda. Keluhan kesehatan mata seperti mata pegal atau kelelahan itu bisa diakibatkan karena kebiasan yang buruk seperti penggunaan gadget yang berlebih atau tingkat kelembaban cairan mata Anda yang kurang. Untuk mengurangi gejala tersebut Obat tetes mata dari Insto adalah pilihan yang tepat unk Anda.


Ingatlah untuk selalu mengistirahatkan mata Anda secara berkala saat menggunakan gadget.


No comments:

Post a Comment