Tuesday, December 20, 2016

Ajak Anak Belajar dan Mengenal Lingkungan Sekitar


Bunda, sebagai orang tua harus lebih ekstra dalam memperhatikan anaknya, terutama dalam pengetahuan. Pada dasarnya, pengetahuan tidak hanya didapat dari bangku sekolah saja, pelajaran pertama anak adalah dimulai dari lingkungan keluarga, orang tualah yang pertama kali mengajarkan anaknya, mulai dari membaca, menulis, sampai mengenalkan lingkungan pada anak. Belajar pada lingkungan merupakan hal yang alamiah yang didapatkan oleh anak. Belajar dari lingkungan merupakan salah satu edukasi yang dapat diperkenalkan kepada anak, dari lingkungan sekitar si kecil dapat belajar sosialisasi, konsep diri, aktualisasi diri, pengalaman dan lain sebagainya. Parenting Indonesia, belajar tidak harus dari buku atau sumber lainnya, perkenalkan anak dengan lingkungan sekitar agar ia peka, agar memiliki rasa simpati dan empati.

Terkadang anak jika selalu dikurung di rumah untuk belajar dan bermain tanpa harus keluar rumah, namun hal tersebut kurang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kognitif anak tidak akan berkembang dengan baik, oleh karena itu perkenalkan sejak dini kepada anak agar mampu memahami lingkungan sekitar. Memahami lingkungan sekitar disini adalah mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, bercocok tanam, dan sebagainya. 

Selain itu juga, ajarkan anak untuk peduli terhadap sesama, beri tahu anak Bunda bahwa hidup kita itu tidak sama, ada orang kaya ada juga orang miskin, kita harus bisa peduli terhadap sesama. Tidak memandang kaya atau miskin, dengan megajarkan seperti itu, anak secara langsung merasakan dan mengingatnya seketika di pikirannya. Hal yang tidak mudah untuk mengajarkan anak seperti itu, apalagi jika tidak didasari rasa simpati dan empati pada diri si anak. Tanamkan sejak dini agar ia peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Memahami lingkungan sekitar memang cangkupannya sangat luas, mulai dari menjaga lingkungan sekitar, baik dari menanam, memanfaatkan tumbuh-tumbuhan, peka terhadap sesama, tidak memandang kaya atau miskin untuk memberikan pertolongan, parenting Indonesia itulah yang dapat kita bagi kali ini, semoga bermanfaat.