Monday, August 21, 2017

Sejarah Amplop Surat

Sejarah Amplop Surat
Amplop surat memiliki peran penting dalam surat-menyurat, bangsa Babilonia yang pertama kali memperkenalkan amplop di dunia. Menurut buku The History of Envelopes karya Maynard H. Benjamin, amplop digunakan oleh bangsa Babilonia sekitar tahun 2000 sebelum masehi. Saat itu mereka telah mengenal tentang tulisan dan dokumen-dokumen pemerintahan, jaman itu amplop belum digunakan dalam surat-menyurat melainkan digunakan untuk menyimpan catatan dan dokumen-dokumen penting. Pada jaman itu amplop terbuat dari tanah liat dan tidak dapat dilipat.

Amplop kertas baru dikenal pada tahun 1775. Saat itu dunia pos di Eropa dan Amerika menggunakan kertas yang dilipat untuk membungkus surat yang akan dikirimkan warganya. Amplop dengan model seperti ini digunakan sampai sekitar tahun 1839. Baru pada tahun 1840 Ratu Victoria mendorong adanya reformasi dalam dunia POS. Reformasi ini dipimpin oleh Rowland Hill, dari sinilah amplop modern dimulai. Pada tahun itulah pemerintah Inggris mengadakan kontes pembuatan amplop guna menyempurnakan surat-menyurat.

Kontes tersebut dimenangkan oleh anggota Royal Academy, William Mulready. Dia berhak mendapatkan hadiah senilai 200 pounsterling. Amplop hasil rancangannya berbentuk seperti amplop yang kita kenal sekarang. Amplop itu dibuat dengan mempertemukan empat ujung kertas persegi empat. Kemudian di bagian penutupnya dilengkapi perekat, serta bagian luar amplop dihias ornamen cantik.

Amplop surat hasil karya William ini lalu mengilhami dunia industri di Amerika. Seorang warga keturunan Skotlandia yang pindah ke Amerika, James Logan, berperan besar dalam perkembangan industri amplop ini. Tahun 1878, beliau mulai mengembangkan pembuatan amplop saat bekerja di perusahaan milik G Henry Whitcomb. Keahliannya membisniskan amplop lalu menjadikan James berinisiatif membangun perusahaan sendiri bersama George H Lowe di Boston pada Desember 1882. Perusahaan ini bernama Logan and Lowe Envelope Company. Dari sinilah industri pembuatan amplop bermula.

Itulah tadi sejarah amplop surat dan perkembangannya. Agar mencetak amplop lebih mudah dan tidak repot, Anda bisa memesannya secara online melalui snapy.co.id. Kunjungi website snapy.co.id, pilih amplop, jenis kertas, berapa jumlah yang mau dicetak, unggah desain, dan tunggu hasilnya dikirim ke alamat Anda.

No comments:

Post a Comment