Friday, September 11, 2020

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


Apabila si kecil kini bisa dengan mudahnya menggunakan gadget. Hal tersebut di zaman sekarang memang sudah tidak asing lagi dan jangan kaget, karena dengan adanya gawai segala hal dapat mereka pelajari di sana dengan mudah, apalagi jika dimulai dari usia yang dini. Terkadang apabila kita tidak membatasi hal tentunya bisa membuat mereka kecanduan gadget. Jika dibiarkan tentunya bisa berbahaya.

Namun walaupun demikian, disisi lain, dengan adanya gawai tersebut membantu mengedukasi si kecil supaya bisa belajar mandiri, tapi tetap harus didamping oleh orang tua supaya apabila ada yang ditanyakan mereka tidak bingung lagi. Sebagian orang tua ada yang khawatir si kecil sampai kecanduan, namun tidak perlu khawatir, berikut mari kita ulas tipsnya.


Membuat Jadwal Penggunaan Gadget

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membatasi waktu penggunaan gadget. Akan tetapi apabila usianya sudah cukup, maka Anda bisa mengajak mereka untuk menyepakati waktu untuk menggunakan gawai tersebut. hal ini tentunya sangat penting sekali, contohnya, Anda dan si kecil menyepakati dapat menggunakan gadget dalam satu minggu maksimal 1 atau dua jam saja.

Mengawasi Si Kecil Ketika Menggunakan Gawai

Mengatasi kecanduan gadget selanjutnya, Anda bisa meletakkan smartphone atau laptop di ruangan keluarga dan hindari di kamar mereka. Setelah itu awasi selama mereka menggunakan gadget tersebut.  Anda bisa sesekali ikut bermain bersamanya atau juga bisa menanyakan hal apa saja yang membuatnya tertarik baik itu bermain permainan atau menonton.

Gunakan Aplikasi Yang Sesuai Dengan Usia Anak

Selanjutnya, Anda harus memastikan si kecil menggunakan aplikasi ataupun menonton yang memang sesuai dengan usia mereka. Selain hal tersebut tentunya jangan memberikan izin jika Anak ingin memiliki akun media sosial dan juga email sebelum usianya cukup. Saat ini banyak sekali aplikasi untuk Anak yang bisa mereka mainkan ataupun tonton.

Itulah informasi yang bisa disampaikan soal mengatasi kecanduan gadget. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membuat para Ibu menjadi lebih memperhatikan si kecil dalam penggunaan gadget demi kebaikan mereka.


No comments:

Post a Comment